Cara Menulis Teks Buku Pelajaran

Tugas Mata Kuliah Pengembangan Bahan Ajar Cetak

Tim Penyusun: Bayu Febriawan, Dzaky Mubarok, Hari Sugiarto

A.PENDAHULUAN

Buku merupakan salah satu media penyampaian informasi yang masih populer digunakan hingga saat ini. Dalam konteks pendidikan buku sangat berperan penting dalam proses pembelajaran seseorang. Buku teks pelajaran menjadi salah satu sumber ilmu pengetahuan dan informasi selain dari guru. Oleh karena itu dalam penulisan buku teks pelajaran haruslah dipahami secara benar bagaimana caranya, agar informasi yang disajikan didalam buku menjadi lebih bermanfaat. Dalam tugas Pengembangan bahan ajar cetak kami menganalisis 5 artikel yang berkaitan dengan cara penulisan buku teks pelajaran berikut link kelima artikel yang kami analisis

Artikel 1, Cara Praktis Membuat Buku Ajar Bagi Guru

Artikel 2, Judul: Buku Ajar

Artikel 3, Judul: Buku Ajar

Artikel 4, Judul: Teknik Menyusun Buku Teks

Artikel 5, Judul: Menulis Buku Pelajaran Sekolah

Setelah menganalisis kelima artikel diatas tentang bagaimana membuat buku teks pelajaran kami membahas lebih dalam hal-hal apa yang perlu diperhatikan dalam membuat buku teks pelajaran.

B. PEMBAHASAN

Menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional no.2 tahun 2008 tentang buku, Buku teks pelajaran pendidikan dasar, menengah, dan perguruan tinggi yang selanjutnya disebut buku teks adalah buku acuan wajib untuk digunakan dalam satuan pendidikan dasar dan menengah atau perguruan tinggi yang memuat ketakwaan, akhlak mulia, dan kepribadian, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi , peningkatan kepekaan dan kemampuan estetis, peningkatan kemampuan kinestetis dan kesehatan yang disusun berdasarkan standar nasional pendidikan.

Dari 5 artikel yang kami analisis terdapat banyak yang perlu diperhatikan dalam penulisan buku meliputi penulisan naskah, penerjemahan, penyaduran, pengilus-trasian, penyuntingan, dan/atau perancangan yang menghasilkan produk akhir berupa karangan asli, terjemahan, saduran, dan ciptaan lain berupa gambar, sketsa, tabel, grafik, dan/atau peta.

Dari hasil wawancara kami dengan pak Cecep kami mendapatkan banyak hal yang harus diperhatikan dalam menulis buku, Yang pertama adalah pengumpulan bahan-bahan mulai dari buku, hasil penelitian, jurnal, artikel, penggunaan media internet, sampai kepada makalah yang berhubungan dengan sumber data yang akan dipakai dalam pembuatan buku pengembangan media sederhana tersebut. Namun hal tersebut tidaklah sesederhana yang kita pikirkan karena data yang ada tidak bisa langsung diambil sekaligus sebagai bahan buku ajar yang kita kembangkan. Diperlukan kajian-kajian akan bahan yang akan kita pilih sebagai sumber dari buku yang akan kita buat.

Menurut Beliau hal yang perlu diingat ketika kita menulis buku adalah ketika kita menyadur kalimat atau kata orang lain dari suatu buku atau karya ilmiah. Maka  Kita harus dan diwajibkan untuk mencantumkan nama orang yang bersangkutan, karena hal tersebut berkaitan dengan HAKI atau hak karya intelektual seseorang tersebut. Lalu hal yang harus diperhatikan lagi adalah kita harus melihat untuk siapa buku tersebut dan  membedakan antara buku ajar dengan hasil penelitian karena akan sangat berbeda hasilnya. Buku yang dikembangkan ini adalah buku ajar maka dari itu terdapat silabus yang sudah disiapkan sebelumnya dan memiliki pedoman dengan perkuliahan yang ada. Setelah melakukan proses tersebut maka proses selanjutnya adalah menyerahkan draft yang telah jadi tersebut kepada editor. Fungsi editor tidak hanya  untuk memperbaiki EYD dan memperbaiki struktur kalimat, seorang editor juga memperbaiki gaya bahasa yang ada sehingga enak untuk dibaca. Menurut penuturan Pak cecep dari 200 Halaman lebih yang telah ia tulis, setelah diberikan kepada editor, halamannya menyusut drastis menjadi 160 halaman.

Kesulitan dalam pembuatan buku ini menurut pak Cecep dirasakan ketika teknologi yang biasa dipakai terus mengalami perkembangan. Sebagai contoh, dalam buku ini dipaparkan seputar pemakaian OHP/OHT  yang dalam perkembangannya sudah banyak digantikan oleh peran LCD-Projektor. Kedinamisan perkembangan teknologi tersebut, membuat penulis harus menyesuaikan penulisan dengan materi sebelumnya.

Kemudahan yang dirasakan oleh pak cecep adalah terbantunya pembuatan buku ajar ini dengan kemudahan akses teknologi. Dengan kemajuan dan kemudahan akses teknologi yang ada kita bisa lebih terbuka dengan informasi yang ada. Mulai dari artikel sampai e-book yang dapat didownload secara gratis dan sangat banyak di internet. Namun, hal yang harus diperhatikan kembali adalah, semua yang ada di internet itu belum tentu benar. Data yang disajikan belum tentu valid. Sebagai contoh wikipedia. Wikipedia dapat dengan mudah di ubah oleh orang lain sesuka hati mereka sehingga sangat rentan sekali.

Berikut hasil diskusi kelompok kami tentang apa yang perlu diperhatikan dalam menulis buku setelah menganalisis artikel dan hasil wawancara diatas.

Kami menyimpulkan 10 hal yang harus diperhatikan yaitu:

1. Harus Dintentukan materi apa yang dibuat

Membuat suatu buku ajar haruslah ditentukan dahulu materi yang akan dibahas, menentukan materi dapat disesuaikan dengan latar belakang dari penulis, karena jika penulis memiliki latar belakang yang sesuai  terhadap materi yang akan ditulis akan memudahkannya dalam menulis dan menyampaikan  pesannya kepada pembaca.

2. Sasaran pembaca

Menentukan sasaran untuk pembaca buku menjadi hal yang harus diperhatikan karena akan menjadi lebih bermanfaatkan jika mengenai sasaran yang sesuai, sasaran pembaca buku bisa dari kalangan pemelajar seperti siswa, mahasiswa, peserta pelatihan dan dari kalangan pembelajar seperti guru, dosen dan instruktur.

3. Sesuai  tujuan pendidikan nasional

Kita harus memperhatikan tujuan pendidikan nasional  negara kita, agar buku yang dibuat dapat mendukung ketercapaian tujuan pendidikan nasional kita. Buku teks pelajaran terdapat dalam salah satu unsur standar nasional pendidikan yakni sarana dan prasarana.

4. Mempelajari  Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Langkah mempelajari standar kompetensi dan kompetensi dasar dapat dilihat pada peraturan pemerintah tentang buku dan badan standar nasional pendidikan. Sebagai penulis sebaiknya kita wajib membaca dan memahami tentang peraturan pemerintah yang berkaitan dengan buku, terutuma buku teks pelajaran salah satu contohnya adalah Permendiknas tahun 2008 tentang buku.

5. Mengacu Pada Kurikulum

Kurikulum merupakan salah satu komponen dalam sistem pendidikan yang dapat berpengaruh terhadap komponen lain, kurikulum menjadi acuan kita dalam membuat teks pelajaran karena Kurikulum merupakan apa yang harus dipelajari siswa disekolah dan bagaimana metode yang digunakanya. Kurikulum menjadi acuan utama dalam menulis teks pelajaran. Sasaran, tujuan, materi/bahan, dan metode penyajian materi dan bahan terdapat didalam kurikulum.

6. Menggunakan tata bahasa yang formal dan disesuaikan

Tata bahasa dalam buku pelajaran sebaiknya menggunakan tata bahasa formal, penggunaan bahasa yang baik dan benar dapat mempermudah siswa memahami makna dari setiap kalimat. Agar semua memahami  penulis harus kembali menyesuaikan sasaran pembaca buku dengan bahasa yang digunakan, misalnya anak sekolah dasar jangan diberikan kata-kata yang sulit dipahami agar siswa tidak bingung tetapi menggunakan kata-kata yang mudah dipahami dengan siswa sekolah dasar. Penggunaan tata bahasa yang formal harus disesuaikan dengan pengetahuan kebahasaan penulis yang baik seperti memahami bahasa indonesia yang baku dan ejaan yang disesuaikan.

7. Memahami susunan buku ajar

Penulis harus memahami susunan dalam buku teks pelajaran mulai dari halaman depan (cover) hingga halaman terakhir penutup.

8. Menggunakan Ilustrasi yang menarik dan tepat

Ilustrasi dapat digunakan untuk mempermudah pembaca dalam memahami materi yang sulit dijelaskan melalui kata-kata dan mengurangi verbalisme agar tidak bosan, ini akan menjadi efektif jika sasarannya adalah anak sekolah dasar dimana siswa akan senang dengan adanya gambar-gambar.

9. Cantumkan Sumber

Dalam penulisan buku hendaknya kita menghargai sumber yang menjadi referensi kita dalam membuat buku dengan mencatumkan nama orang yang bersangkutan, karena hal tersebut berkaitan dengan HAKI atau hak karya intelektual seseorang tersebut.

10. Merevisi, Mengedit dan Menerbitkan

Ketika membuat buku untuk pembelajaran kita harus melihat lagi apakah yang dibuat sudah benar sesuai etika hingga sesuai dengan pengetahuan masa kini, untuk itu diperlukan revisi untuk menanganinya. Pengeditan dan penerbitan dapat dilakukan bersama penerbit agar mampu menyajikan buku yang menarik.

C. KESIMPULAN

Buku menjadi media yang masih digunakan hingga saat ini. Buku sebagai salah satu media dalam penyampaian ilmu pengetahuan menjadi alat yang beperan penting bagi pendidikan. Buku teks pelajaran merupakan buku yang digunakan dalam satuan pendidikan di indonesia. Oleh karena itu dalam penulisan buku pelajaran kita harus memperhatikan berbagai aspek sehingga buku yang dibuat tepat sasaran dan mampu mencerdaskan pembaca bukan membodohi pembaca. Sebagai seorang yang bergerak dalam dunia pendidikan kita harus mampu membuat buku yang lebih baik. Cara-cara penulisan buku pun harus diperhatikan agar buku menjadi lebih bermanfaat dan sekedar tidak menulis asal-asalan guna memenuhi kepentingan pribadi.

Banyak aspek yang perlu diperhatikan  dalam penulisan buku teks pelajaran seperti:

  1. Harus Dintentukan materi apa yang dibuat
  2. Sasaran pembaca
  3. Sesuai  tujuan pendidikan nasional
  4. Mempelajari  Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
  5. Mengacu Pada Kurikulum
  6. Menggunakan tata bahasa yang formal dan disesuaikan
  7. Memahami susunan buku ajar
  8. Menggunakan Ilustrasi yang menarik dan tepat
  9. Cantumkan Sumber
  10. Merevisi, Mengedit dan Menerbitkan

Jika semua penulis buku teks pelajaran sudah memahami cara membuat buku yang baik dan benar kami rasa akan mempermudah kinerja guru dalam pembelajaran dan akan menarik lagi minat pembaca di indonesia yang kurang.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s